Nama Dosen : Ahmad Hapidin
Program Studi : Psikologi S1
Kode Mata Kuliah : 50FP02
Nama Mata Kuliah : PSIKOLOGI AGAMA
Jumlah SKS : Dua
Kelas/Semester :
Alokasi Waktu : 150 menit
Standar Kompetensi :
Mahasiswa memahami perilaku religius, dimensi-dimensinya, fenomena-fenomenanya dan perkembangannya dari anak-anak, remaja, sampai dewasa, dan tentang kematangan religius.
Mahasiswa dapat memahami bidang psikologi yang mempelajari Perilaku Beragama (Religius Behaviour) pada manusia.
Mahasiswa dapat memiliki sudut pandang Sejarah Psikologi Agama
Kompetensi Dasar :
Mahasiswa dapat mengetahui Sejarah Psikologi Agama
Indikator :
Mahasiswa mampu melihat Psikologi agama adalah bidang psikologi yang mempelajari Perilaku Beragama (Religius Behaviour) pada manusia.
Materi Ajar :
DEFINISI DAN SEJARAH PSIKOLOGI AGAMA: Early period (1899-1930), Middle Period (1930-1950), Contemporary Period (> 1950)
Metode/Strategi Pembelajaran :
Ceramah dan Diskusi (every student is a teacher)
Tahap Pembelajaran :
Kegiatan Awal :
Dosen membuka perkuliahan dan menjelaskan topik kuliah minggu ini..
Kegiatan Inti :
Dosen berdiskusi dengan mahasiswa tentang topik kuliah.
Kegiatan Akhir :
Mahasiswa memberikan feedback perkuliahan dan dosen menyimpulkan apa yang sudah dilakukan bersama-sama.
Alat/Bahan/Sumber Balajar :
A. Alat/Media : OHP, LCD, Laptop
B. Bahan/Sumber Belajar :
Byrnes, Joseph F. 1984. “The Psychology of Religion”. The Free Press, New York.
Clark, Walter Houston. 1958. “The Psychology of Religion”. The MacMilan Company, New York.
Paloutzian, Raymond F. 1996. “Invitation to the Psychology of Religion.” Allyn and Bacon, Boston
Berbagai jurnal ilmiah yang berkaitan.
Penilaian :
Teknik dan instrument penilaian :
Keaktifan dan sumbangan materi dalam diskusi (dinilai)
Kriteria Penilaian :
Pertemuan ini melibatkan nilai kehadiran dan keaktifan mahasiswa..
Nama Dosen : Ahmad Hapidin
Program Studi : Psikologi S1
Kode Mata Kuliah :
Nama Mata Kuliah : PSIKOLOGI AGAMA
Jumlah SKS : Dua
Kelas/Semester :
Alokasi Waktu : 150 menit
Standar Kompetensi :
Mahasiswa memahami perilaku religius, dimensi-dimensinya, fenomena-fenomenanya dan perkembangannya dari anak-anak, remaja, sampai dewasa, dan tentang kematangan religius.
Mahasiswa dapat memahami bidang psikologi yang mempelajari Perilaku Beragama (Religius Behaviour) pada manusia.
Mahasiswa dapat memiliki sudut pandang Sejarah Psikologi Agama
Kompetensi Dasar :
Mahasiswa dapat mengetahui Sejarah Psikologi Agama
Indikator :
Mahasiswa mampu melihat Psikologi agama adalah bidang psikologi yang mempelajari Perilaku Beragama (Religius Behaviour) pada manusia.
Materi Ajar :
LANJUTAN. Definisi Dan Sejarah Psikologi Agama: Early period (1899-1930), Middle Period (1930-1950), Contemporary Period (> 1950)
Metode/Strategi Pembelajaran :
Ceramah dan Diskusi (every student is a teacher)
Tahap Pembelajaran :
Kegiatan Awal :
Dosen membuka perkuliahan dan menjelaskan topik kuliah minggu ini..
Kegiatan Inti :
Dosen berdiskusi dengan mahasiswa tentang topik kuliah.
Kegiatan Akhir :
Mahasiswa memberikan feedback perkuliahan dan dosen menyimpulkan apa yang sudah dilakukan bersama-sama.
Alat/Bahan/Sumber Balajar :
A. Alat/Media : OHP, LCD, Laptop
B. Bahan/Sumber Belajar :
Byrnes, Joseph F. 1984. “The Psychology of Religion”. The Free Press, New York.
Clark, Walter Houston. 1958. “The Psychology of Religion”. The MacMilan Company, New York.
Paloutzian, Raymond F. 1996. “Invitation to the Psychology of Religion.” Allyn and Bacon, Boston
Berbagai jurnal ilmiah yang berkaitan.
Penilaian :
Teknik dan instrument penilaian :
Keaktifan dan sumbangan materi dalam diskusi (dinilai)
Kriteria Penilaian :
Pertemuan ini melibatkan nilai kehadiran dan keaktifan mahasiswa..
Nama Dosen : Ahmad Hapidin
Program Studi : Psikologi S1
Kode Mata Kuliah :
Nama Mata Kuliah : PSIKOLOGI AGAMA
Jumlah SKS : Dua
Kelas/Semester :
Alokasi Waktu : 150 menit
Standar Kompetensi :
Mahasiswa memahami perilaku religius, dimensi-dimensinya, fenomena-fenomenanya dan perkembangannya dari anak-anak, remaja, sampai dewasa, dan tentang kematangan religius.
Mahasiswa dapat memahami DIMENSI-DIMENSI KOMITMEN RELIGIUS
Mahasiswa dapat membandingkan setiap Dimensi Komitmen Religius
Kompetensi Dasar :
Mahasiswa dapat mengetahui Dimensi Komitmen Religius
Indikator :
Mahasiswa mampu melihat Perilaku beragama memiliki beberapa dimensi yang menjadi kerkaitan satu dengan yang lainnya.
Materi Ajar :
DIMENSI-DIMENSI KOMITMEN RELIGIUS – (Glock & Stark)
Ideological Dimension, Intellectual Dimension, Experiential Dimension (Conforming type, Responsive type, Ecstatic type, Revelational type), Ritualistic Dimension, Consequencial Dimensional.
Metode/Strategi Pembelajaran :
Ceramah dan Diskusi (every student is a teacher)
Tahap Pembelajaran :
Kegiatan Awal :
Dosen membuka perkuliahan dan menjelaskan topik kuliah minggu ini..
Kegiatan Inti :
Dosen berdiskusi dengan mahasiswa tentang topik kuliah.
Kegiatan Akhir :
Mahasiswa memberikan feedback perkuliahan dan dosen menyimpulkan apa yang sudah dilakukan bersama-sama.
Alat/Bahan/Sumber Balajar :
A. Alat/Media : OHP, LCD, Laptop
B. Bahan/Sumber Belajar :
Byrnes, Joseph F. 1984. “The Psychology of Religion”. The Free Press, New York.
Clark, Walter Houston. 1958. “The Psychology of Religion”. The MacMilan Company, New York.
Paloutzian, Raymond F. 1996. “Invitation to the Psychology of Religion.” Allyn and Bacon, Boston
Berbagai jurnal ilmiah yang berkaitan.
Penilaian :
Teknik dan instrument penilaian :
Keaktifan dan sumbangan materi dalam diskusi (dinilai)
Kriteria Penilaian :
Pertemuan ini melibatkan nilai kehadiran dan keaktifan mahasiswa..
Nama Dosen : Ahmad Hapidin
Program Studi : Psikologi S1
Kode Mata Kuliah :
Nama Mata Kuliah : PSIKOLOGI AGAMA
Jumlah SKS : Dua
Kelas/Semester :
Alokasi Waktu : 150 menit
Standar Kompetensi :
Mahasiswa memahami perilaku religius, dimensi-dimensinya, fenomena-fenomenanya dan perkembangannya dari anak-anak, remaja, sampai dewasa, dan tentang kematangan religius.
Mahasiswa dapat memahami DIMENSI-DIMENSI KOMITMEN RELIGIUS
Mahasiswa dapat membandingkan setiap Dimensi Komitmen Religius
Kompetensi Dasar :
Mahasiswa dapat mengetahui Dimensi Komitmen Religius
Indikator :
Mahasiswa mampu melihat Perilaku beragama memiliki beberapa dimensi yang menjadi kerkaitan satu dengan yang lainnya.
Materi Ajar :
LANJUTAN. Dimensi-Dimensi Komitmen Religius – (Glock & Stark)
Ideological Dimension, Intellectual Dimension, Experiential Dimension (Conforming type, Responsive type, Ecstatic type, Revelational type), Ritualistic Dimension, Consequencial Dimensional.
Metode/Strategi Pembelajaran :
Ceramah dan Diskusi (every student is a teacher)
Tahap Pembelajaran :
Kegiatan Awal :
Dosen membuka perkuliahan dan menjelaskan topik kuliah minggu ini..
Kegiatan Inti :
Dosen berdiskusi dengan mahasiswa tentang topik kuliah.
Kegiatan Akhir :
Mahasiswa memberikan feedback perkuliahan dan dosen menyimpulkan apa yang sudah dilakukan bersama-sama.
Alat/Bahan/Sumber Balajar :
A. Alat/Media : OHP, LCD, Laptop
B. Bahan/Sumber Belajar :
Byrnes, Joseph F. 1984. “The Psychology of Religion”. The Free Press, New York.
Clark, Walter Houston. 1958. “The Psychology of Religion”. The MacMilan Company, New York.
Paloutzian, Raymond F. 1996. “Invitation to the Psychology of Religion.” Allyn and Bacon, Boston
Berbagai jurnal ilmiah yang berkaitan.
Penilaian :
Teknik dan instrument penilaian :
Keaktifan dan sumbangan materi dalam diskusi (dinilai)
Kriteria Penilaian :
Pertemuan ini melibatkan nilai kehadiran dan keaktifan mahasiswa..
Nama Dosen : Ahmad Hapidin
Program Studi : Psikologi S1
Kode Mata Kuliah :
Nama Mata Kuliah : PSIKOLOGI AGAMA
Jumlah SKS : Dua
Kelas/Semester :
Alokasi Waktu : 150 menit
Standar Kompetensi :
Mahasiswa memahami perilaku religius, dimensi-dimensinya, fenomena-fenomenanya dan perkembangannya dari anak-anak, remaja, sampai dewasa, dan tentang kematangan religius.
Mahasiswa dapat memahami KONVERSI AGAMA
Mahasiswa dapat membandingkan Macam dan Tahapannya
Kompetensi Dasar :
Mahasiswa dapat mengetahui proses KONVERSI AGAMA
Indikator :
Mahasiswa mampu melihat Perilaku beragama dalam konteks konversi agama dengan macam dan tahapannya.
Materi Ajar :
KONVERSI AGAMA: Macamnya (Self-Surrender Type (Spontaneous-Sudden), Volitional (Step by Step-Gradual), Religious Socialization. Tahap-tahapnya: Masa Tenang, Masa Krisis, Masa Konversi, Masa Tenang Baru, Masa Espresi Konversi.
Ciri-Ciri Dalam (inner traits) dari saintliness, Ciri-Ciri Luar (outer manifestations) dari Saintliness:
Metode/Strategi Pembelajaran :
Ceramah dan Diskusi (every student is a teacher)
Tahap Pembelajaran :
Kegiatan Awal :
Dosen membuka perkuliahan dan menjelaskan topik kuliah minggu ini..
Kegiatan Inti :
Dosen berdiskusi dengan mahasiswa tentang topik kuliah.
Kegiatan Akhir :
Mahasiswa memberikan feedback perkuliahan dan dosen menyimpulkan apa yang sudah dilakukan bersama-sama.
Alat/Bahan/Sumber Balajar :
A. Alat/Media : OHP, LCD, Laptop
B. Bahan/Sumber Belajar :
Byrnes, Joseph F. 1984. “The Psychology of Religion”. The Free Press, New York.
Clark, Walter Houston. 1958. “The Psychology of Religion”. The MacMilan Company, New York.
Paloutzian, Raymond F. 1996. “Invitation to the Psychology of Religion.” Allyn and Bacon, Boston
Berbagai jurnal ilmiah yang berkaitan.
Penilaian :
Teknik dan instrument penilaian :
Keaktifan dan sumbangan materi dalam diskusi (dinilai)
Kriteria Penilaian :
Pertemuan ini melibatkan nilai kehadiran dan keaktifan mahasiswa..
Nama Dosen : Ahmad Hapidin
Program Studi : Psikologi S1
Kode Mata Kuliah :
Nama Mata Kuliah : PSIKOLOGI AGAMA
Jumlah SKS : Dua
Kelas/Semester :
Alokasi Waktu : 150 menit
Standar Kompetensi :
Mahasiswa memahami perilaku religius, dimensi-dimensinya, fenomena-fenomenanya dan perkembangannya dari anak-anak, remaja, sampai dewasa, dan tentang kematangan religius.
Mahasiswa dapat memahami KONVERSI AGAMA
Mahasiswa dapat membandingkan Macam dan Tahapannya
Kompetensi Dasar :
Mahasiswa dapat mengetahui proses KONVERSI AGAMA
Indikator :
Mahasiswa mampu melihat Perilaku beragama dalam konteks konversi agama dengan macam dan tahapannya.
Materi Ajar :
LNJUTAN. Konversi Agama: Macamnya (Self-Surrender Type (Spontaneous-Sudden), Volitional (Step by Step-Gradual), Religious Socialization. Tahap-tahapnya: Masa Tenang, Masa Krisis, Masa Konversi, Masa Tenang Baru, Masa Espresi Konversi.
Ciri-Ciri Dalam (inner traits) dari saintliness, Ciri-Ciri Luar (outer manifestations) dari Saintliness:
Metode/Strategi Pembelajaran :
Ceramah dan Diskusi (every student is a teacher)
Tahap Pembelajaran :
Kegiatan Awal :
Dosen membuka perkuliahan dan menjelaskan topik kuliah minggu ini..
Kegiatan Inti :
Dosen berdiskusi dengan mahasiswa tentang topik kuliah.
Kegiatan Akhir :
Mahasiswa memberikan feedback perkuliahan dan dosen menyimpulkan apa yang sudah dilakukan bersama-sama.
Alat/Bahan/Sumber Balajar :
A. Alat/Media : OHP, LCD, Laptop
B. Bahan/Sumber Belajar :
Byrnes, Joseph F. 1984. “The Psychology of Religion”. The Free Press, New York.
Clark, Walter Houston. 1958. “The Psychology of Religion”. The MacMilan Company, New York.
Paloutzian, Raymond F. 1996. “Invitation to the Psychology of Religion.” Allyn and Bacon, Boston
Berbagai jurnal ilmiah yang berkaitan.
Penilaian :
Teknik dan instrument penilaian :
Keaktifan dan sumbangan materi dalam diskusi (dinilai)
Kriteria Penilaian :
Pertemuan ini melibatkan nilai kehadiran dan keaktifan mahasiswa..
Nama Dosen : Ahmad Hapidin
Program Studi : Psikologi S1
Kode Mata Kuliah :
Nama Mata Kuliah : PSIKOLOGI AGAMA
Jumlah SKS : Dua
Kelas/Semester :
Alokasi Waktu : 150 menit
Standar Kompetensi :
Mahasiswa memahami perilaku religius, dimensi-dimensinya, fenomena-fenomenanya dan perkembangannya dari anak-anak, remaja, sampai dewasa, dan tentang kematangan religius.
Mahasiswa dapat memahami KEBUTUHAN AKAN AGAMA/TUHAN
Kompetensi Dasar :
Mahasiswa dapat mengetahui konsep-konsep kebutuhan akan agama/tuhan.
Indikator :
Mahasiswa mampu melihat perilaku beragama dalam konteks kebutuhan akan agama/tuhan.
Materi Ajar :
TEORI TENTANG TIMBULNYA KEBUTUHAN AKAN AGAMA/TUHAN: The Four Wishes Theory dari Thomas (Security, Recognition, Response, New Experience); Teori Konflik dari Stratton; Teori Clark (Gabungan dari Stratton dan Freud); Teori The Sixth sense dari Rudolf Otto: Numinous Experience; Pandangan Islam.
Metode/Strategi Pembelajaran :
Ceramah dan Diskusi (every student is a teacher)
Tahap Pembelajaran :
Kegiatan Awal :
Dosen membuka perkuliahan dan menjelaskan topik kuliah minggu ini..
Kegiatan Inti :
Dosen berdiskusi dengan mahasiswa tentang topik kuliah.
Kegiatan Akhir :
Mahasiswa memberikan feedback perkuliahan dan dosen menyimpulkan apa yang sudah dilakukan bersama-sama.
Alat/Bahan/Sumber Balajar :
A. Alat/Media : OHP, LCD, Laptop
B. Bahan/Sumber Belajar :
Byrnes, Joseph F. 1984. “The Psychology of Religion”. The Free Press, New York.
Clark, Walter Houston. 1958. “The Psychology of Religion”. The MacMilan Company, New York.
Paloutzian, Raymond F. 1996. “Invitation to the Psychology of Religion.” Allyn and Bacon, Boston
Berbagai jurnal ilmiah yang berkaitan.
Penilaian :
Teknik dan instrument penilaian :
Keaktifan dan sumbangan materi dalam diskusi (dinilai)
Kriteria Penilaian :
Pertemuan ini melibatkan nilai kehadiran dan keaktifan mahasiswa..
Nama Dosen : Ahmad Hapidin
Program Studi : Psikologi S1
Kode Mata Kuliah :
Nama Mata Kuliah : PSIKOLOGI AGAMA
Jumlah SKS : Dua
Kelas/Semester :
Alokasi Waktu : 150 menit
Standar Kompetensi :
Mahasiswa memahami perilaku religius, dimensi-dimensinya, fenomena-fenomenanya dan perkembangannya dari anak-anak, remaja, sampai dewasa, dan tentang kematangan religius.
Mahasiswa dapat memahami KEBUTUHAN AKAN AGAMA/TUHAN
Kompetensi Dasar :
Mahasiswa dapat mengetahui konsep-konsep kebutuhan akan agama/tuhan.
Indikator :
Mahasiswa mampu melihat perilaku beragama dalam konteks kebutuhan akan agama/tuhan.
Materi Ajar :
LANJUTAN. Teori Tentang Timbulnya Kebutuhan Akan Agama/Tuhan: The Four Wishes Theory dari Thomas (Security, Recognition, Response, New Experience); Teori Konflik dari Stratton; Teori Clark (Gabungan dari Stratton dan Freud); Teori The Sixth sense dari Rudolf Otto: Numinous Experience; Pandangan Islam.
Metode/Strategi Pembelajaran :
Ceramah dan Diskusi (every student is a teacher)
Tahap Pembelajaran :
Kegiatan Awal :
Dosen membuka perkuliahan dan menjelaskan topik kuliah minggu ini..
Kegiatan Inti :
Dosen berdiskusi dengan mahasiswa tentang topik kuliah.
Kegiatan Akhir :
Mahasiswa memberikan feedback perkuliahan dan dosen menyimpulkan apa yang sudah dilakukan bersama-sama.
Alat/Bahan/Sumber Balajar :
A. Alat/Media : OHP, LCD, Laptop
B. Bahan/Sumber Belajar :
Byrnes, Joseph F. 1984. “The Psychology of Religion”. The Free Press, New York.
Clark, Walter Houston. 1958. “The Psychology of Religion”. The MacMilan Company, New York.
Paloutzian, Raymond F. 1996. “Invitation to the Psychology of Religion.” Allyn and Bacon, Boston
Berbagai jurnal ilmiah yang berkaitan.
Penilaian :
Teknik dan instrument penilaian :
Keaktifan dan sumbangan materi dalam diskusi (dinilai)
Kriteria Penilaian :
Pertemuan ini melibatkan nilai kehadiran dan keaktifan mahasiswa..
Nama Dosen : Ahmad Hapidin
Program Studi : Psikologi S1
Kode Mata Kuliah :
Nama Mata Kuliah : PSIKOLOGI AGAMA
Jumlah SKS : Dua
Kelas/Semester :
Alokasi Waktu : 150 menit
Standar Kompetensi :
Mahasiswa memahami perilaku religius, dimensi-dimensinya, fenomena-fenomenanya dan perkembangannya dari anak-anak, remaja, sampai dewasa, dan tentang kematangan religius.
Kompetensi Dasar :
Mahasiswa Dapat Mengetahui Ciri-Ciri Dan Tahap Perkembangan Religius Pada Anak
Indikator :
Mahasiswa mampu melihat perilaku beragama dalam melalui Ciri-Ciri Dan Tahap Perkembangan Religius Pada Anak
Materi Ajar :
CIRI-CIRI DAN TAHAP PERKEMBANGAN RELIGIUS PADA ANAK: Menurut MacLean (Ideas accepted on authority, Anthropomorphic, Imitative, Egocentric, Verbalized & Ritualistic, Unreflective, Spontaneous in Some Respects, Wondering); Perkembangan religius menurut Ernest Harms (The Firy-Tale Stage (3-6 th), The Realistic stage (7-12 th), The Individual stage (13-18 th))
Metode/Strategi Pembelajaran :
Ceramah dan Diskusi (every student is a teacher)
Tahap Pembelajaran :
Kegiatan Awal :
Dosen membuka perkuliahan dan menjelaskan topik kuliah minggu ini..
Kegiatan Inti :
Dosen berdiskusi dengan mahasiswa tentang topik kuliah.
Kegiatan Akhir :
Mahasiswa memberikan feedback perkuliahan dan dosen menyimpulkan apa yang sudah dilakukan bersama-sama.
Alat/Bahan/Sumber Balajar :
A. Alat/Media : OHP, LCD, Laptop
B. Bahan/Sumber Belajar :
Byrnes, Joseph F. 1984. “The Psychology of Religion”. The Free Press, New York.
Clark, Walter Houston. 1958. “The Psychology of Religion”. The MacMilan Company, New York.
Paloutzian, Raymond F. 1996. “Invitation to the Psychology of Religion.” Allyn and Bacon, Boston
Berbagai jurnal ilmiah yang berkaitan.
Penilaian :
Teknik dan instrument penilaian :
Keaktifan dan sumbangan materi dalam diskusi (dinilai)
Kriteria Penilaian :
Pertemuan ini melibatkan nilai kehadiran dan keaktifan mahasiswa..
Nama Dosen : Ahmad Hapidin
Program Studi : Psikologi S1
Kode Mata Kuliah :
Nama Mata Kuliah : PSIKOLOGI AGAMA
Jumlah SKS : Dua
Kelas/Semester :
Alokasi Waktu : 150 menit
Standar Kompetensi :
Mahasiswa memahami perilaku religius, dimensi-dimensinya, fenomena-fenomenanya dan perkembangannya dari anak-anak, remaja, sampai dewasa, dan tentang kematangan religius.
Kompetensi Dasar :
Mahasiswa Dapat Mengetahui Ciri-Ciri Dan Tahap Perkembangan Religius Pada Anak
Indikator :
Mahasiswa mampu melihat perilaku beragama dalam melalui Ciri-Ciri Dan Tahap Perkembangan Religius Pada Anak
Materi Ajar :
LANJUTAN. Ciri-Ciri Dan Tahap Perkembangan Religius Pada Anak: Menurut MacLean (Ideas accepted on authority, Anthropomorphic, Imitative, Egocentric, Verbalized & Ritualistic, Unreflective, Spontaneous in Some Respects, Wondering); Perkembangan religius menurut Ernest Harms (The Firy-Tale Stage (3-6 th), The Realistic stage (7-12 th), The Individual stage (13-18 th))
Metode/Strategi Pembelajaran :
Ceramah dan Diskusi (every student is a teacher)
Tahap Pembelajaran :
Kegiatan Awal :
Dosen membuka perkuliahan dan menjelaskan topik kuliah minggu ini..
Kegiatan Inti :
Dosen berdiskusi dengan mahasiswa tentang topik kuliah.
Kegiatan Akhir :
Mahasiswa memberikan feedback perkuliahan dan dosen menyimpulkan apa yang sudah dilakukan bersama-sama.
Alat/Bahan/Sumber Balajar :
A. Alat/Media : OHP, LCD, Laptop
B. Bahan/Sumber Belajar :
Byrnes, Joseph F. 1984. “The Psychology of Religion”. The Free Press, New York.
Clark, Walter Houston. 1958. “The Psychology of Religion”. The MacMilan Company, New York.
Paloutzian, Raymond F. 1996. “Invitation to the Psychology of Religion.” Allyn and Bacon, Boston
Berbagai jurnal ilmiah yang berkaitan.
Penilaian :
Teknik dan instrument penilaian :
Keaktifan dan sumbangan materi dalam diskusi (dinilai)
Kriteria Penilaian :
Pertemuan ini melibatkan nilai kehadiran dan keaktifan mahasiswa..
Nama Dosen : Ahmad Hapidin
Program Studi : Psikologi S1
Kode Mata Kuliah :
Nama Mata Kuliah : PSIKOLOGI AGAMA
Jumlah SKS : Dua
Kelas/Semester :
Alokasi Waktu : 150 menit
Standar Kompetensi :
Mahasiswa memahami perilaku religius, dimensi-dimensinya, fenomena-fenomenanya dan perkembangannya dari anak-anak, remaja, sampai dewasa, dan tentang kematangan religius.
Kompetensi Dasar :
Mahasiswa Dapat Mengetahui Ciri Agama Pada Remaja
Indikator :
Mahasiswa mampu melihat perilaku beragama dalam konteks Ciri Agama Pada Remaja
Materi Ajar :
CIRI AGAMA PADA REMAJA : Ditandai dengan Conflicts and Doubts.
Banyak terjadi Konversi Agama : Ikuti orang tua, Ikuti baru menentang orang tua, Mencari sumber yang lebih Autentif apresiasi yang baru dan apresisi orang tua, Sex Instincs dan Herd Instincts (Lenba).
Metode/Strategi Pembelajaran :
Ceramah dan Diskusi (every student is a teacher)
Tahap Pembelajaran :
Kegiatan Awal :
Dosen membuka perkuliahan dan menjelaskan topik kuliah minggu ini..
Kegiatan Inti :
Dosen berdiskusi dengan mahasiswa tentang topik kuliah.
Kegiatan Akhir :
Mahasiswa memberikan feedback perkuliahan dan dosen menyimpulkan apa yang sudah dilakukan bersama-sama.
Alat/Bahan/Sumber Balajar :
A. Alat/Media : OHP, LCD, Laptop
B. Bahan/Sumber Belajar :
Byrnes, Joseph F. 1984. “The Psychology of Religion”. The Free Press, New York.
Clark, Walter Houston. 1958. “The Psychology of Religion”. The MacMilan Company, New York.
Paloutzian, Raymond F. 1996. “Invitation to the Psychology of Religion.” Allyn and Bacon, Boston
Berbagai jurnal ilmiah yang berkaitan.
Penilaian :
Teknik dan instrument penilaian :
Keaktifan dan sumbangan materi dalam diskusi (dinilai)
Kriteria Penilaian :
Pertemuan ini melibatkan nilai kehadiran dan keaktifan mahasiswa..
Nama Dosen : Ahmad Hapidin
Program Studi : Psikologi S1
Kode Mata Kuliah :
Nama Mata Kuliah : PSIKOLOGI AGAMA
Jumlah SKS : Dua
Kelas/Semester :
Alokasi Waktu : 150 menit
Standar Kompetensi :
Mahasiswa memahami perilaku religius, dimensi-dimensinya, fenomena-fenomenanya dan perkembangannya dari anak-anak, remaja, sampai dewasa, dan tentang kematangan religius.
Kompetensi Dasar :
Mahasiswa Dapat Mengetahui Perkembangan Religius Pada Masa Dewasa
Indikator :
Mahasiswa mampu melihat perilaku beragama dalam konteks Perkembangan Religius Pada Masa Dewasa
Materi Ajar :
PERKEMBANGAN RELIGIUS PADA MASA DEWASA. Oser dan Gmuender: hadapi paradoks kehidupan (Anak-anak : Either …. or …….., Remaja : Neither…… Nor ……, Dewasa : Both…….. and ………), Kahoe dan Meadow: Extrinsic ke Intrinsic, Observance ke Autonomy.
Metode/Strategi Pembelajaran :
Ceramah dan Diskusi (every student is a teacher)
Tahap Pembelajaran :
Kegiatan Awal :
Dosen membuka perkuliahan dan menjelaskan topik kuliah minggu ini..
Kegiatan Inti :
Dosen berdiskusi dengan mahasiswa tentang topik kuliah.
Kegiatan Akhir :
Mahasiswa memberikan feedback perkuliahan dan dosen menyimpulkan apa yang sudah dilakukan bersama-sama.
Alat/Bahan/Sumber Balajar :
A. Alat/Media : OHP, LCD, Laptop
B. Bahan/Sumber Belajar :
Byrnes, Joseph F. 1984. “The Psychology of Religion”. The Free Press, New York.
Clark, Walter Houston. 1958. “The Psychology of Religion”. The MacMilan Company, New York.
Paloutzian, Raymond F. 1996. “Invitation to the Psychology of Religion.” Allyn and Bacon, Boston
Berbagai jurnal ilmiah yang berkaitan.
Penilaian :
Teknik dan instrument penilaian :
Keaktifan dan sumbangan materi dalam diskusi (dinilai)
Kriteria Penilaian :
Pertemuan ini melibatkan nilai kehadiran dan keaktifan mahasiswa..
Nama Dosen : Ahmad Hapidin
Program Studi : Psikologi S1
Kode Mata Kuliah :
Nama Mata Kuliah : PSIKOLOGI AGAMA
Jumlah SKS : Dua
Kelas/Semester :
Alokasi Waktu : 150 menit
Standar Kompetensi :
Mahasiswa memahami perilaku religius, dimensi-dimensinya, fenomena-fenomenanya dan perkembangannya dari anak-anak, remaja, sampai dewasa, dan tentang kematangan religius.
Kompetensi Dasar :
Mahasiswa Dapat Mengetahui Perkembangan Religius Sepanjang Hidup
Indikator :
Mahasiswa mampu melihat perilaku beragama dalam konteks Perkembangan Religius Sepanjang Hidup
Materi Ajar :
PERKEMBANGAN RELIGIUS SEPANJANG HIDUP (James Fowler): Undifferentiated Faith, Intuitive-Projective Faith, Mythic-Literal Faith, Synthetic-Conventional Faith, Individuative-Reflective Faith, Conjuntive Faith, Universalizing Faith.
Metode/Strategi Pembelajaran :
Ceramah dan Diskusi (every student is a teacher)
Tahap Pembelajaran :
Kegiatan Awal :
Dosen membuka perkuliahan dan menjelaskan topik kuliah minggu ini..
Kegiatan Inti :
Dosen berdiskusi dengan mahasiswa tentang topik kuliah.
Kegiatan Akhir :
Mahasiswa memberikan feedback perkuliahan dan dosen menyimpulkan apa yang sudah dilakukan bersama-sama.
Alat/Bahan/Sumber Balajar :
A. Alat/Media : OHP, LCD, Laptop
B. Bahan/Sumber Belajar :
Byrnes, Joseph F. 1984. “The Psychology of Religion”. The Free Press, New York.
Clark, Walter Houston. 1958. “The Psychology of Religion”. The MacMilan Company, New York.
Paloutzian, Raymond F. 1996. “Invitation to the Psychology of Religion.” Allyn and Bacon, Boston
Berbagai jurnal ilmiah yang berkaitan.
Penilaian :
Teknik dan instrument penilaian :
Keaktifan dan sumbangan materi dalam diskusi (dinilai)
Kriteria Penilaian :
Pertemuan ini melibatkan nilai kehadiran dan keaktifan mahasiswa..
Nama Dosen : Ahmad Hapidin
Program Studi : Psikologi S1
Kode Mata Kuliah :
Nama Mata Kuliah : PSIKOLOGI AGAMA
Jumlah SKS : Dua
Kelas/Semester :
Alokasi Waktu : 150 menit
Standar Kompetensi :
Mahasiswa memahami perilaku religius, dimensi-dimensinya, fenomena-fenomenanya dan perkembangannya dari anak-anak, remaja, sampai dewasa, dan tentang kematangan religius.
Kompetensi Dasar :
Mahasiswa Dapat Mengetahui Ciri-Ciri Kematangan Beragama
Indikator :
Mahasiswa mampu melihat perilaku beragama dalam konteks Ciri-Ciri Kematangan Beragama
Materi Ajar :
CIRI-CIRI KEMATANGAN BERAGAMA (Religius Maturity). Gordon W. Allport: Well-Differentiated or Self Critical, A Motivational Force of Its Own, The Consistency of Its Moral Consequences, Its Comprehensiveness as a Philosophy of Life, Integral, Heuristic in Nature.
Metode/Strategi Pembelajaran :
Ceramah dan Diskusi (every student is a teacher)
Tahap Pembelajaran :
Kegiatan Awal :
Dosen membuka perkuliahan dan menjelaskan topik kuliah minggu ini..
Kegiatan Inti :
Dosen berdiskusi dengan mahasiswa tentang topik kuliah.
Kegiatan Akhir :
Mahasiswa memberikan feedback perkuliahan dan dosen menyimpulkan apa yang sudah dilakukan bersama-sama.
Alat/Bahan/Sumber Balajar :
A. Alat/Media : OHP, LCD, Laptop
B. Bahan/Sumber Belajar :
Byrnes, Joseph F. 1984. “The Psychology of Religion”. The Free Press, New York.
Clark, Walter Houston. 1958. “The Psychology of Religion”. The MacMilan Company, New York.
Paloutzian, Raymond F. 1996. “Invitation to the Psychology of Religion.” Allyn and Bacon, Boston
Berbagai jurnal ilmiah yang berkaitan.
Penilaian :
Teknik dan instrument penilaian :
Keaktifan dan sumbangan materi dalam diskusi (dinilai)
Kriteria Penilaian :
Pertemuan ini melibatkan nilai kehadiran dan keaktifan mahasiswa..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar